--> Skip to main content

Mencoba Pakan ternak Ayam di Kampung untuk Pemula berhasil membuat Anakan Terbaik

Pakan untuk peternakan ayam kampung emang sangatlah penting, dari survey yang ada di Indonesia pakan menunjang keberhasilan dalam suatu usaha peternakan, entah itu ternak ayam,bebek dan lainsebagainya.

Untuk jenis ayam kampung pemilihan pakan haruslah di perhatikan, Agar ayam bisa berproduksi telur dengan baik dan menghasilkan bibit bibit ayam kampung yang unggul ataupun menghasilakan telur yang berkualitas.

Lantas pakan ayam kampung apa yang terbaik yang membuat ayam melahirkan anakan yang bagu ?

Jelas makanan yang mengandung protein tinggi, vitamin, hijau hijauan dari suatu sayur sayuran dan lainsebagainya.

Pemberian pakan pada saat budidaya ayam kampung masuk ke dalam dua tahap, Tahap apa sajakah yang baik untuk pemberian pakan ini?

Ada 2 tahapan pemberian pakan, tahap pertama adalah tahapan stater yaitu tahapan dimana anakan ayam berumur 1-20 hari. Dan tahapan kedua adalah tahapan grower atau biasa disebut dengan tahapan pertumbuhan.

Dari kedua tahapan di atas pemberian pakan pada tahaan pertama ataub saat masa stater yaitu kandungan pakan yang di berikan harus sekurang kurang nya 25% mengandung protein yang baik. Namun pada saat masa pertumbuhan ( Grower ) pakan mengandung protein 15% pun tak ada masalah.

Bentuk Pakan Ayam Kampung yang Baik Untuk Reproduksi

1. Pakan Berjenis Pelet Pakan jenis pelet ini banyak di temukan di toko toko, pakan pelet hanya untuk ayam yang sudah berusia 3 bulan, pakan pelet tidak cocok diberikan kepada anakan ayam yang baru berusia beberapa minggu saja.  2. Pakan Berjenis Butiran Pecah Pakan jenis butiran pecahan ini sama seperti pelet tetapi pakan ini sudah di haluskan lagi tidak sama seperti pakan pelet pada umumnya. Pakan ini cocok untuk anakan ayam pakan ini biasa di sebut di wilayah perkampungan sebagai pakan lekpur.  3. Pakan Berjenis Tepung Panak jenis tepungpun sebenarnya sangat baik untuk anakan ayam yang baru berusia 1-25 hari, sayangnya pakan jenis ini cepatlah terurai karena bentuknya ang sangat serbuk dengan campuran air yang membuat ayam mengorek ngorek makanan nya dengan kaki nya yang membuat pakan jenis ini cepat terurai.

1. Pakan Berjenis Pelet

Pakan jenis pelet ini banyak di temukan di toko toko, pakan pelet hanya untuk ayam yang sudah berusia 3 bulan, pakan pelet tidak cocok diberikan kepada anakan ayam yang baru berusia beberapa minggu saja.

2. Pakan Berjenis Butiran Pecah

Pakan jenis butiran pecahan ini sama seperti pelet tetapi pakan ini sudah di haluskan lagi tidak sama seperti pakan pelet pada umumnya. Pakan ini cocok untuk anakan ayam pakan ini biasa di sebut di wilayah perkampungan sebagai pakan lekpur.

3. Pakan Berjenis Tepung

Panak jenis tepungpun sebenarnya sangat baik untuk anakan ayam yang baru berusia 1-25 hari, sayangnya pakan jenis ini cepatlah terurai karena bentuknya ang sangat serbuk dengan campuran air yang membuat ayam mengorek ngorek makanan nya dengan kaki nya yang membuat pakan jenis ini cepat terurai.

Inilah Jenis Pakan Ayam Kampung untuk Peternak Pemula patut di coba

1. Cap Angsa Polard Gandum Polard gandum adalah salah satu pakan terbaik untuk ternak ayam dimana pakan ini memiliki kandungan protein yang amat sanggat tinggi hinga 20%. Namun ada kelemahan pada pakan polard gandum ini dimana pakan ini memiliki kandungan serat yang lumayan. Hal ini tidak baik dalam perkembangan anakan ayam. 2. Pakan Dedak Padi Pakan dedak padi atau biasa disebut hu'ut ini dibedakan kedalam dua jenis, ada yang halus adapun yang kasar. Kandungan serat yang ada dalam pakan ini sekitar 15-19% untuk itu penggunaan dedek harus di perhatikan pada anakan ayam. Untuk ayam dewasa dedak halus sangatlah di rekomendasikan kenapa? karena kelembutan dari dedak halus lah yang terbaik ketimbang hu'ut kasar. 3. Tepung Keong Mas Untuk Pakan Anakan Ayam Kampung Pakan tepung keong mas ini terbuat dari keong mas yang di temukan di sawah sawah pedesaan yang di olah kembali dalam bentuk tepung menggunakan cara perendaman keong, perebusan hingga ke tahap pengeringan lalu tahap pengilingan agar menghasilkan tepung keong mas yang berkualitas. Tepung ini sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi yang membuat pakan tepung keong mas sangat cocok untuk anakan ayam.

1. Cap Angsa Polard Gandum

Polard gandum adalah salah satu pakan terbaik untuk ternak ayam dimana pakan ini memiliki kandungan protein yang amat sanggat tinggi hinga 20%. Namun ada kelemahan pada pakan polard gandum ini dimana pakan ini memiliki kandungan serat yang lumayan. Hal ini tidak baik dalam perkembangan anakan ayam.

2. Pakan Dedak Padi

Pakan dedak padi atau biasa disebut hu'ut ini dibedakan kedalam dua jenis, ada yang halus adapun yang kasar. Kandungan serat yang ada dalam pakan ini sekitar 15-19% untuk itu penggunaan dedek harus di perhatikan pada anakan ayam. Untuk ayam dewasa dedak halus sangatlah di rekomendasikan kenapa? karena kelembutan dari dedak halus lah yang terbaik ketimbang hu'ut kasar.

3. Tepung Keong Mas Untuk Pakan Anakan Ayam Kampung

Pakan tepung keong mas ini terbuat dari keong mas yang di temukan di sawah sawah pedesaan yang di olah kembali dalam bentuk tepung menggunakan cara perendaman keong, perebusan hingga ke tahap pengeringan lalu tahap pengilingan agar menghasilkan tepung keong mas yang berkualitas. Tepung ini sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi yang membuat pakan tepung keong mas sangat cocok untuk anakan ayam.

4. Pakan Jagung

Siapa sangka pakan jagung pun sangatlah baik di berikan kepada ayamyang akan di ternakan, karena pakan jagung ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Pemberian pakan jagung ini sangatlah baik di berikan hanya satu hari sekali. Mengapa begitu? karena pakan jagung tergolong pakan yang mahal harganya.

Kesimpulan

Dalam menjalankan budidaya ayam kampung pakan adalah salah satu penunjang keberhasilan ternak itu sendiri. Pemberian pakan yang teratur akan menghasilakan pula produksi telur yang baik dan daging yang berkualitas.

Pemberian pakan janganlah terlalu di batasi, berilah pakan ayam sesuai waktunya sama seperti manusia binatang pun butuh asupan makanan kurang lebih 3x sehari tetap 2x sehari pun sudah lah cukup di pagi hari dan sore hari.

Itulah sedikit artikel dari saya mengenai pakan ternak ayam kampung yang berkualitas, semoga bermanfaat untuk Anda apabila ada yang di tanyakan silahkan berkomentar di kolom komentar terima kasih.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar