--> Skip to main content

Menghasilkan telur ayam berkualitas inilah Cara Ternak Ayam yang Baik dan Benar bisa dikembangkan di Kampung

Ayam Kampung siapa yang tidak tau jenis binatang yang satu ini, Ya ayam kampung dapat kita jumpai di sekitaran tempat kita tinggal. Menurut sala satu survey di Indonesai, Ayam kampung adalah sala satu ungas terbesar di nusantara ini.

Mengapa ayam kampung di sebut ayam kampung?, ya karena ayam ini sendiri keberadaanya banyak kita jumpai di sekeliling perumahan atau perkampungan ditempat Anda.

Hingga Saat ini ayam kampung sudah banyak pengemarnya, dari para peternak kecil hingga besar ternak Ayam Kampung ini dapat dilakukan dengan modal kecil sekalipun.

Mengapa ayam kampung digemari untuk para peternak?, dilihat dari prospek ternak ayam kampung ini ternyata banyak kelebihan yang menjadi alasan dimana ternak ayam lebih baik dilakukan dengan benar mengapa demikian, karena dari ternak yang benar kita dapat menghasilkan telur yang berkualitas serta daging yang enak yang dapat mengunggah selera Anda,.

Masyarakat pada umumnya membudidayakan membudidayakam ayam di kampung nya dengan cara tradisonal, padahal apabila kita menggunakan cara ala ala modern bagi kita ini bisa membuat hal yang menguntungkan loh.

Beternak ayam kampung jauh lebih mudah ketimbang beternak ayam dengan jenis yang berbeda seperti Ayam Petelur atau Ayam Boiler.

Lantas mengapa Ayam Kampung lebih mudah di terakan?, Karena ayam kampung sendiri mempunyai kekebalan tubuh yang kuat beda seperti jenis ayam lainnya.

2 Cara Ternak Ayam di Kampung untuk pemula yang terjun di dunia peternakan



1. Dengan cara di umbar

Membiarkan Ayam berkeliaran di sekitarnya adalah salah satu beternak ayam, hali ini membuat ayam kuat dalam daya tahan tubuhnya. Untuk makan nya sendiri ada baiknya kita menyediakan nya di jam jam tertentu agar ayam tau pada saat kapan dia waktunya makan. Dan siapkan juga tempat istirahatnya sediakan kandang yang layak yang membuat ayam tau tempat tinggalnya.

2. Ternak Ayam Kampung dengan cara semi intensif

Cara intensif juga temasuk cara yang baik dan benar, sebab dengan cara ini kita di anjurkan untuk merawat ayam secara intensif, seperti umbar ayam hanya dilahan sekitaran saja, sedeiakan tempat yang layak dan bersih agar bibit ayam tidak terkena penyakit, memberi pakan setiap saat membuat ayam menghasilkan telur dan daging yang baik.

Cara Ternak Ayam Kampung Menghasilkan telur dan daging Berkualitas

1. Mempersiapkan Lokasi Kandang Yang Setrategis

Dengan cara mempersiapkan lokasi kandang minimal 10-15 meter adalah salah satu cara pertama apabila anda menginginkan ayam dengan telur yang berkualitas.

Untuk kandang sendiri disarankan agar tidak lembab, dengan itu kandang pun harus di halangi bebrapa pagar agar ayam tidak liar kemana mana. Sebisanya untuk menepatkan kandang di sekitara tembok supaya angin tidak menganggu kondisi ayam yang sedang beternak.

Tidak lupa pula untuk cahaya matahari agar bisa masuk ke area kandang. Hal ini dapat membuat kandag ayam dapat pencahayaan dan udara yang baik dari Alam.

2. Pemilihan Bibit Ayam Terbaik

Untuk pemiliahan bibit ayam kampung terbaik bisa mengunakan dua cara antara lain,
- Membesarkan anakan ayam kampung untuk di jadikan bibit
- Membeli bibit ayam kampung atau dikenal dengan bibit ayam DOC apa itu doc ? doc singkatan dari Day Old Chicken

Adapun Pemilihan Bibit Doc Yang Bagus sebagai berikut,

  • Bibit Ayam yang sehat menentukan hasil ternak yang baik dan teruji
  • Bibit lincah dan tidak terlalu agresif maupun lesu
  • Bulu anakan yang bagus dan mengkilap
  • Bibit tanpa cacat pisik apapun
  • Mata yang cerah dan bersih
Tujuan dari pemilihan bibit yang bagus adalah agar mendapatkan hasil yang maksimal pada telur yang di hasilkan.

3. Pemberian Pakan Ayam Kampung yang Rutin

Pemberian pakan untuk ayam kampung adalah salah satu prihal bakal ternak ayam kampung sukses atau tidaknya. Pakan yang baik untuk ayam kampung adalah pakan pakan dengan kandungan nutrisi di dalam nya.

Jenis makanan yang penuh nutrisi untuk ayam kampung ini adalan voer dengan di campur air hangat lalu di beri sayur sayuran hijau didalam nya. Hal ini mampu memberikan nutrisi yang baik pada bibitan ayam kampung yang akan di ternakan.

4. Perawatan Yang Baik Dan Benar 

Ternak ayam kampung adalah ternak yang dapat dilakukan dengan mudah, untuk perawatannya sendiri ayam kampung dewasa tidak terlalu intensif dalam hal perawatan. Hal yang perlu di perhatikan adalah perawatan pada saat ayan menetas dan berumur sekitar 2 minggu. 

Pada usia itulah anak ayam harus di perhatikan lebih, pada saat anakan ayam berusia 2 minggu konsisi kandang haruslah yang layak berikan penerangan lampu agar anakan ayam nyaman ditempatnya, dan jangan lupa juga di berikan vaksin agar tetap menjaka kekebalan tubuhnya.

Apabila anakan ayam sudah mendekati 4 minggu kondisi kandang pun harus di perhatikan agar terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan.

5. Masa Panen Ternakan Ayam Kampung

Keuntungan yang di dapat pada ternak ayam kampung untuk pemula ini memang sangatlah mengiurkan disaat pada masa panen.

Ayam kampung yang dirawat dengan baik dan benar dapat menghasilakn masa panen di bulan ke 4-5 saja. Hal ini dilihat juga dengan kondisi ayam yang siap prodksi atau tidak.


Kesimpulan

Kesimpulan yang kita dapat dalam artikel diatas adalah mudahnya beternak ayam yang bisa di lakukan di kampung ataupun perkotaan. Dengan hanya bermodalakan kandang pun kita dapat beternak dan menghasilkan ayam yang baik yang dapat kita jual kembali. Itulah sedikit tips dari saya mengenai Cara Ternak Ayam yang Baik dan Benar semoga bermanfaat.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar